Animasi

Tujuan Kompetensi Keahlian Animasi adalah membekali peserta didik dengan keterampilan, pengetahuan dan sikap agar kompeten untuk:
• Memahami Wawasan Animasi
• Menguasai Pembuatan Karakter Bergerak 2D / 3D sesuai dengan tuntunan pasar
• Dengan Pemahaman tentang Animasi diharapkan dapat mengembangkan dan Pembuatan Games
Dengan pemahaman tentang animasi diharapkan peserta didik dapat mengembangkan dan menciptakan film sebagai bentuk animasi linier atau games sebagai animasi non linier. Profesi dan atau pekerjaan yang relevan dengan kompetensi Animasi adalah segala bidang yang berkenaan dengan gambar, baik gambar diam/grafis seperti sebagai illustrator di sebuah media cetak atau gambar bergerak seperti sebagai animator di studio animasi hingga video editor di stasiun tv.

Standar Kompetensi dan Dasar Kompetensi Kejuruan Animasi

  1. Dasar Kompetensi Kejuruan
    • Memahami wawasan animasi
    • Merancang nirmana datar dan ruang
    • Menggambar sketsa
    • Menggambar bentuk
    • Menggambar Teknik
    • Mengoperasikan komputer grafis dan animasi
    • Memahami prinsip menggambar animasi
    • Menggambar karakter
    • Menerapkan Keselamatan, Kesehatan Kerja dan Lingkungan Hidup (K3LH)
  2. Kompetensi Kejuruan
    • Membuat script continuity
    • Membuat exposure sheets
    • Melengkapi exposure sheets dengan kode bibir dan soundtrack lainnya
    • Menghitung durasi pada setiap scene
    • Membuat gambar antara
    • Melakukan pekerjaan pewarnaan
    • Mewarnai gambar background
    • Membuat gambar interior dan eksterior
    • Membuat gambar property
    • Menentukan perbandingan ukuran antara background dengan design karakter
    • Membuat model obyek 3D bentuk hard surface dan organik
    • Membuat gambar tekstur
    • Mengaplikasikan gambar background
    • Menggambar karakter dan property
    • Mendesign pipeline produksi
    • Membuat game

Comments are closed.

© 2018 SMK Negeri 1 Kawunganten